Bahaya yang ada dari minuman berenergi

Segar, dan nikmat itulah yang dirasakan setelah meminum minuman berenergi, minuman berenergi sering sekali kita minum ketika keadaan cuaca teriknya panas matahari. Minuman berenergi semakin diminati karena jika melihat artis atau pemain sepak bola favorit tampil di televisi sebagai bintang iklan minuman berenergi tentu semakin membuat senang karena bisa mengosumsi apa yang dikonsumsi mereka.Tidak heran jika minuman berenergi begitu digemari, Tetapi hanya saja benarkah minuman tersebut baik untuk kesehatan tubuh kita? ya ! minuman berenergi sangat tinggi karein dan sebaiknya anda lebih waspada. Bedasarkan penelitian yang dilakukan John Hinggins dari University of Texas Medical School bahwa minuman berenergi ada bahaya di balik kesegaran dan kelezatan tersebut. Hinggins mengungkapkan pada minuman berenersi dapat ditemukan kandungan kafein dan gula yang lebih banyak dari secangkir kopi. Bahkan munkin ada bahan lain yang masih belum diketahui atau memang tidak disebutkan produsen minuman berenergi tersebut.
Bahaya yang ada dari minuman berenergi

Bahaya yang ada dari minuman berenergi

Nah, bahan-bahan tersebut ketika bercampur bisa menimbulkan reaksi yang mampu mempengaruhi tekanan darah, denyut jantung bahkan mental. Sehingga sangat berisiko saat dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Ada yang bisa menimbulkan kejang, serangan jantung, rusaknya fungsi hati bahkan berujung pada kematian.
Selama ini minuman berenergi dipromosikan mampu meningkatkan performa seseorang saat beraktifitas fisik salah satunya saat berolahraga. Kandungan kafein inilah yang membuat seseorang merasa lebih bersemangat dan tidak mudah lelah ketika mengonsumsi minuman berenergi. Hinggins mengungkap mengenai perbandingan kandungan kafein pada kopi maupun minuman berenergi yaitu :
  • Kandungan kafein pada sekitar 226 gram atau setara dengan secangkir kopi berkisar 40 hingga 150 mg. Bisa kurang atau lebih karena berkaitan erat dengan cara penyeduhannya.
  • Sementara itu kandungan kafein pada minuman berenergi berkisar 70 hingga 200 mg per 453 gram.
Mengetahui hal tersebut, sudah pasti bagi penderita tekanan darah tinggi, penyakit jantung maupun diabetes harus menghindari atau melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter terkait. Jangan lupa, kafein dengan konsumsi yang berlebihan dan tidak diimbangi dengan konsumsi air putih dalam jangka pendek juga bisa menyebabkan dehidrasi. Jadi sebaiknya memang perlu berhati-hati sebelum mengonsumsi minuman berenergi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *